Cara Mengetahui Berlian Asli Atau Palsu

Cara Mengetahui Berlian Asli Atau Palsu

Mencari tahu apakah berlian Anda asli atau palsu adalah hal yang diperlukan. Sebab, berlian merupakan salah satu investasi yang menjanjikan dan berharga mahal. Anda pasti tidak mau mengeluarkan banyak uang untuk benda palsu atau tiruan. Biasanya orang-orang akan mendatangi ahli perhiasan profesional untuk mengetahui berlian yang mereka miliki asli atau palsu. Namun, Anda juga bisa mencobanya sendiri di rumah dengan informasi yang Victoria berikan berikut ini.

Gunakan Tes Embun

Letakkan berlian di depan mulut Anda dan hembuskan nafas ke arah berlian seperti meniup cermin. Jika embunnya bertahan selama beberapa detik maka kemungkinan berlian Anda palsu. Berlian asli akan segera mendispersikan panas dari nafas Anda dan tidak mudah berembun. Berlian yang asli akan tetap kering meskipun Anda mencobanya dengan embun berkali-kali, sedangkan yang palsu akan tetap berembun.

Perhatikan Pemasangannya

Cara ini dilakukan untuk berlian yang diletakkan atau dipasang pada suatu logam contohnya seperti cincin atau kalung. Berlian asli tidak wajar jika dipasang pada logam murahan. Stempel yang di dalam pemasangannya menunjukan emas atau platinum asli adalah 10K, 14K, 18K, 585, 750, 900, 950, PT, PLAT. Tanda atau simbol tersebut adalah hal bagus. Sementara stempel CZ akan menguak kepalsuan berliannya. CZ adalah singkatan dari Cubic Zirconia yang dimana adalah jenis berlian sintetis.

Gunakan Lup Ahli Perhiasan untuk Memeriksa Berlian

Anda bisa meminjamnya dari toko perhiasan. Berlian yang ditambang biasanya memiliki kecacatan kecil yang alami. Kecacatan ini biasa disebut inklusi yang dapat dilihat dengan lup. Carilah serpihan kecil mineral lain atau perubahan warna yang sangat halus. Kedua hal itu menunjukkan bahwa berlian itu asli. Kecacatan berlian itu adalah hal alami yang terjadi pada berlian. Sedangkan berlian yang palsu akan terlihat mulus sempurna tanpa cacat.

Panaskan Batu Berlian dan Perhatikan Pecah atau Tidak

Panaskan batu berlian yang Anda curigai palsu dengan korek api selama 30 detik. Kemudian masukkan ke dalam segelas air dingin. Berlian palsu akan mengalami keretakan dan perubahan, sedangkan berlian asli tidak akan mengalami apapun.

Pendapat Penulis

Jika masih ragu dengan cara yang sudah Victoria sebutkan diatas, Anda bisa membawa berlian ke ahli perhiasan yang profesional agar bisa langsung dipastikan keasliannya. Bingung mencari toko perhiasan berlian yang terjamin keasliannya? Victoria Jewellery adalah jawaban yang tepat.

Victoria Jewellery adalah pusat perhiasan berlian di Surabaya yang menyediakan berbagai perhiasan berlian berkualitas serta terjamin keasliannya. Dengan desain yang timeless sudah terverifikasi GIA, sehingga bisa dikenakan untuk jangka panjang baik sebagai aksesoris maupun sebagai investasi.

Temukan Perhiasan Berlian dengan Model Timeless Hanya di Victoria Jewellery!

Victoria Jewellery memberikan pelayanan terbaik dengan mengedepankan kualitas perhiasan dan kepuasan pelanggan. Dapatkan berbagai keuntungan untuk setiap pembelian perhiasan di Victoria Jewellery!

Cara Menilai Berlian dengan 4C

Keindahan berlian dan kemewahannya membuat berlian menjadi p...

Cara Investasi Berlian Agar Tidak Rugi

Investasi yang belakangan ini sedang digandrungi oleh para s...

Cara Membeli Cincin Berlian yang Perlu Anda Ketahui

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata berlian? Anda p...

Tips Memilih Kalung Berlian yang Cocok untuk Acara Spesial

Kalung berlian merupakan aksesoris yang sempurna untuk menye...

Bentuk-Bentuk Berlian yang Wajib Diketahui

Tradisi berlian menjadi simbol cinta dan komitmen dimulai ke...

Send Message