Wajib Tahu! Inilah Asal Usul dan Proses Pembentukan Berlian

Wajib Tahu! Inilah Asal Usul dan Proses Pembentukan Berlian

Berlian merupakan benda yang paling diminati oleh semua orang terutama wanita. Tak hanya karena keindahannya, tetapi juga karena harganya yang mahal serta kepopuleran berlian itu sendiri. Berlian memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, faktor kekerasannya bisa mencapai skala kekerasan Mohs tingkat tertinggi.

Menurut jurnal Geochemistry, Geophysics, Geosystems edisi Juni 2018, inti bumi mengandung berlian yang jika di total jumlah beratnya bisa mencapai 1 quadrillion atau 1.000 triliun ton. Bahkan menurut jurnal tersebut, di bawah permukaan bumi terdapat 1.000 kali lebih banyak daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Bagaimana Proses Pembentukan Berlian?

Berlian terbuat dari karbon yang telah melewati pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi, kemudian melalui penumbukan dengan kekuatan yang sangat keras selama milyaran tahun. Karbon bisa ditemukan pada berbagai benda dan makhluk hidup di bumi. Berlian terbentuk karena karbon yang tercampur senyawa yang berbeda.

Melalui pemanasan yang terjadi pada kedalaman bumi, kemudian ditindih oleh benda-benda lain di atasnya sehingga karbon-karbon tersebut bergerak dan menempel satu sama lain. Lalu, molekul pada karbon saling terikat dan menciptakan karbon yang lebih besar. Kemudian karbon yang lebih besar inilah yang menjadi barang mentah berlian. Karena terbentuk oleh ikatan karbon dengan pola tertentu dan terikat kuat, itulah mengapa berlian menjadi material yang sangat keras.

Bagaimana Berlian Bisa Terjangkau Oleh Manusia?

Berlian terdapat pada kedalaman 150 km di bawah tanah. Lalu bagaimana berlian bisa terjangkau oleh manusia? Kuncinya adalah erupsi. Ketika erupsi terjadi, banyak material yang berada di bawah bumi termasuk berlian ikut naik ke atas kerak bumi. Sehingga saat berlian sampai ke dekat permukaan bumi maka berlian akan mendingin. Sehingga kemudian bisa dijangkau oleh manusia untuk dijadikan perhiasan dan batu mulia.

Benarkah Berlian dari Luar Angkasa?

Peneliti dari NASA menemukan bahwa sebagian meteorit mengandung berlian berukuran nano. Ukurannya yang kecil membuat berlian dari meteorit ini tidak bisa digunakan baik untuk perhiasan atau bahan abrasif. Pembentukan berlian di luar angkasa belum dipahami sepenuhnya. Namun, para peneliti menduga bahwa pembentukannya tidak jauh berbeda dari pembentukan berlian di bumi.
Itulah tadi asal usul dan proses pembentukan berlian yang dapat Victoria rangkum untuk Anda. Bingung mencari perhiasan berlian yang berkualitas? Victoria Jewellery solusinya. Victoria Jewellery adalah pusat perhiasan berlian di Surabaya yang menyediakan berbagai perhiasan berlian berkualitas dengan desain timeless, sehingga bisa dikenakan untuk jangka panjang maupun sebagai investasi.

Bingung Mencari Perhiasan Berlian yang Berkualitas? Victoria Jewellery Solusinya

Victoria Jewellery adalah pusat perhiasan berlian di Surabaya yang menyediakan berbagai perhiasan berlian berkualitas dengan desain timeless, sehingga bisa dikenakan untuk jangka panjang maupun sebagai investasi.

Wajib Tahu, Inilah Nama Berlian Termahal di Dunia

Sudah jadi rahasia umum jika berlian merupakan salah satu je...

Perbedaan Berlian dan Permata yang Perlu Anda Ketahui

Orang awam seringkali mencampuradukkan istilah ini tanpa tah...

Bentuk-Bentuk Berlian yang Wajib Diketahui

Tradisi berlian menjadi simbol cinta dan komitmen dimulai ke...

Tren Desain Liontin Berlian Terbaru yang Wajib Dimiliki

Liontin berlian merupakan aksesoris yang sangat serbaguna da...

Tips Menjaga Cincin Berlian Agar Tetap Bersih dan Berkilau

Cincin berlian memiliki kilauan yang cantik dan memperindah ...

Send Message